Kamis, 24 November 2011

Mengembalikan folder yang "hilang/disembunyikan" karena virus

Mungkin Anda pernah mengalami media penyimpan Anda (harddisk/flasdisk/mmc dll.. ) terkena virus ganas semacam virus shortcut (Ramnit) dan kroni2nya. Namun setelah di-scann virusnya hilang, dan data2/folder juga hilang waktu ditampilkan lewat windows explorer. Tetapi waktu diperiksa kapasitasnya ternyata ada isinya, artinya masih ada kemungkinan file-file Anda masih ada pada tempatnya, hanya saja oleh si virus file-file Anda disembunyikan. Nah.. untuk menampilkan file-file yang disembunyikan ini Anda cukup mengubah properti di windows explorer untuk menampilkan file-file yang tersembunyi ( klik Tools -> Properties -> Folder Option -> View -> Show hidden files & folders )

Nah, untuk mengembalikan ke kondisi normal agar file tampak di windows explorer, biasanya cukup mengubah attribut file tersebut, yaitu dengan cara mengosongkan isi checkbox attribut Hidden. Akan tetapi.. karena saktinya virus ini Anda tidak akan bisa mengubah isi attribut hidden di semua file yang sudah dimodifikasi oleh si virus. Hebat ya virusnya....!!??  heheheh.... Kalo sudah seperti ini gimana.. format ulang harddisk/flashdisknya atau bikin folder baru trus co-pas isinya?

Boleh sih pilih salah satu cara di atas, tapi itu bukan cara canggih.. alias cara pemakai komputer yang tidak ngerti komputer hehehe.. sorry.. bukannya sok pinter... ;;)  Lalu caranya gimana??  Gampang... ikuti langkah2 di bawah ini :

  1. tetap tancapkan flashdisk di komputer
  2. buka jendela Command Promp ( klik Start -> Run -> ketik cmd [enter] )
  3. perhatikan di drive mana flashdisk Anda terbaca oleh komputer, misalnya terbaca sebagai drive J:\  maka perintah untuk menampilkan kembali file/folder yang disembunyikan virus adalah seperti ini :  attrib -H -R -S j:\*.* /S /D
  4. tunggu sampai dengan proses selesai
  5. coba tampilkan isi file melalui jendela command promp dengan perintah :   dir j:\ 
  6. nah.. sekarang sudah kembali normal kan file-file Anda
  7. selanjutkan coba tampilkan melalui jendela windows explorer.. bagaimana hasilnya ??
Ok.. cuma begitu saja caranya.. gampang kan.. dan jangan lupa.. jika masih pakai windows.. lindungi komputer Anda dengan anti virus yang database virusnya rutin di-update, syukur2 bisa update harian. Ga perlu beli anti virus yang berbayar, yang gratisan tapi lumayan OK ada kok. Yah.. kalo pingin yang bagus saran saya beli saja versi berbayar.. dijamin Te O Pe Be Ge Te dah.. !!

Selamat mencoba... semoga berhasil  ;;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar